10 Bakso Enak di Semarang Yang Bisa Dicoba.

SEMARANG – Salah satu confort food masyarakat Indonesia adalah bakso, kayanya kuliner ditanah air ini menjadikan banyak pilihan menu makanan dan bakso adalah salah satu pilihannya, aneka jenis bakso yang kita kenal, ada bakso sapi, bakso kakap bahkan ada bakso dari olahan daging ayam.

Bakso di Indonesia juga disajikan dengan berbagai macam cara, biasanya bakso dihidangkan dengan menggunakan kuah tetapi ada juga yang digoreng.

Semarang merupakan daerah dengan segudang kuliner, bakso termasuk salah satu makanan favorit warga kota Semarang, ada banyak tempat atau warung makan sampai restoran menyediakan menu bakso, dan kelezatanya akan membuat kita ketagihan untuk menyantapnya

1. Bakso Sapi Pak Ripto Lesanpuro

Bagi warga kota Semarang sudah tidak asing lagi dengan Bakso Pak Ripto yang ada dijalan Lesanpuro 1 No. 10 Krobokan Kecamatan Semarang Barat ini. Bakso yang terkenal dengan banyaknya potongan daging dan tetelan. Kuah yang segar dan gurih ini sangat laris dan tiap hari selalu diserbu para penikmat kuliner tersebut.

Bakso pak Ripto Lesanpuro buka setiap hari setiap pukul 13.00 – 21.00 WIB, Kami sarankan datang lebih awal karena setiap menjelang sore tetelannya sering kehabisan.

2. Bakso Oblong Pringgading

Tempat selanjutnya juga menyediakan spesial bakso beranak lava dan pentol lava. Dijamin dengan tingkat kepedasannya bisa sensasi mulut terbakar. Jika masih kurang pedas, Bakso Oblong juga menyediakan extra sambal yang bisa ditambahkan, jadi makin puas dengan tingkat kepedasan yang tinggi.

Bakso Oblong (Bakso Balon) berada di Jalan Pringgading No. 42, Jagalan, Semarang. Aksesnya memang lebih mudah dari arah kota Semarang karena hanya berjarak sekitar 10-15 menit saja. Selain varian bakso lava, di tempat ini juga tersedia menu lain seperti balon beranak, beranak, campur, urat, keju, mie ayam bakso, bakso kosongan dan menu lainnya. Jika penasaran dengan rasa pedasnya bisa langsung menuju tempatnya, ya!

3. Bakso Do’a Ibu Sompok

Bakso Do’a Ibu cukup legendaris di Kota Semarang, buka sejak tahun 1987, konon warung bakso ini favorit wisatawan dan masyarakat Kota Semarang

Lokasi berada di jalan Sompok Baru No. 57 Peterongan Semarang Selatan, di bakso Do’a Ibu ini pembeli bisa membeli dengan tambahan Toping babat, harga satu porsi sekitar Rp. 20.000,-

4. Bakso Geger Mintojiwo

Bakso yang satu ini hampir semua warga Semarang tahu karena selain banyak menu yang disajikan juga bakso ini ada sejak tahun 1998, awal bakso ini berada dipinggir sungai daerah Gisikdrono, sekarang bergeser sedikit ke barat masih dilokasi yang sama hanya 50 meter dari lokasi yang lama.

Menempati digedung yang megah dan luas, saat ini bakso Geger berada di Jalan Mintojiwo 1 nomor 3, Gisikdrono Kecamatan Semarang Barat.

Harga perporsi sekitar Rp.25.000 anda sudah dapat menikmati lezatnya bakso yang disajikan, ada bakso sapi, tetelan, jeroan, dan aneka sayur pelengkap.

5. Bakso Anda Bugangan

Bakso Anda juga salah satu bakso rekomendasi yang ada di Semarang, lokasi yang berada di Jalan Bugangan Raya Semarang Timur, tepatnya depan Rumah Sakit Ibu dan anak (RSIA) Kusuma Pradja, atau dibelakang Polsek Semarang Timur.

Bakso dengan kuah kental dan juga dilengkapi dengan jeroan dan tetelan ini terbilang rame oleh pembeli. Andalannya adalah bakso urat, dengan ukuran bakso yang relatif besar dan tampak urat pada tampilan luar bakso tersebut. Harga sekitar Rp. 17.000 sampai Ro. 20.000.

6. Bakso Pak Kumis Kagok

Sampai ssaat ini bakso Pak Kumis hanya memiliki dua cabang, berada di Plaza Simpang Lima dan dijalan Sultan Agung Nomor 90.A samping SMP Negeri 5 Semarang (Kagok)

Dengan Bakso kuah bening yang gurih dan lezat, juga tekstur baksonya tidak keras tetapi cukup kental saat dikunyah, bakso Kumis ini menjadi favorit dan hampir tidak pernah sepi di kedua cabangnya, apalagi menjelang makan siang.

7. Bakso Xtra Jooozz Sampangan

Salah satu bakso yang cukup rame adalah bakso Xtra Jooozz ini, berada di jalan Menoreh Raya No. 159 Sampangan tepatnya sebelum Kretek wesi Sampangan, atau dua ratus meter dari pasar Sampangan dengan beraneka menu disajikan diwarung tersebut, untuk harga sangat bersahabat bagi warga Semarang dan rasanya juga tak kalah lezat.

Ada bakso beranak, bakso jumbo, bakso telur dan bakso tumpeng. Buka dari jam 10.00 – 21.00 WIB dengan harga mulai Rp. 10.000,- menjadikan bakso ini menjadi rujukan keluarga.

8. Bakso CJDW Gajah

Aneka jenis bakso dapat anda pesan di warung ini, ada bakso super, bakso urat bakso mercon bahkan ada juga bakso dengan Toping abon sapi juga tersedia bakso yang sempat viral yakni bakso beranak.

Lokasi Depot Bakso Mercon dan Mie ayam CJDW ini berada di jalan gajah Raha tepat berada di depan stasiun Radio POP Fm Semarang.

Dengan varian harga mulai Rp. 20.000 dan dengan rasa yang lezat bakso CJDW layak direkomendasi dan merupakan salah satu bakso enak yang ada dikota Semarang.

9. Bakso Mawardi

Bakso Mawardi cukup populer dikalangan pecinta kuliner baik warga Semarang atau wisatawan.

Warung bakso Mawardi berada di Jalan Citarum, Mlatiharjo Kecamatan Semarang Timur, buka setiap jam 10.30 – 20.00 WIB. Tekstur lembut, empuk dan nikmat ini menjadi candu bagi penikmat bakso.

10. Bakso Kribo Sukun Banyumanik

“Bakso Kribo” Warung yang terletak di Jl. Sukun Raya No.9A, Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, warung ini pun tak pernah sepi dari para penikmat dan pecinta bakso, buka pukul 10.00 pagi sampai pukul 22.00 WIB

Tentunya warga Semarang atas sudah familiar dengan Bakso Kribo, selain gurih dan lezat, harga ku sangat terjangkau. Ada tetelan babat dan jeroan setiap porsi yang disajikan.

(Oman)