BPBD Kota Semarang Bekali Relawan Skill Vertical Rescue

Bankom Semarang News, SEMARANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang selama tiga hari kedepan mengadakan kegiatan pelatihan Vertical Rescue yang diikuti oleh BPBD, Pusdalops dan potensi relawan Kota Semarang.

Pelatihan Vertical Rescue mulai dari tanggal 6 sampai 8 Juni 2022 dihutan wisata Tinjomoyo yang berlokasi di Jl. Tinjomoyo Barat Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati

Peserta pelatihan selain dari personil BPBD dan Pusdalops, juga dilibatkan potensi yang ada dikota Semarang antara lain dari SAR Bankom, Senkom, Pramuka, Sriti, Relawan SSI, FKPPI, Rumah Zakat , Lidik Krimsus, Relawan Navara Diving, Relawan Gunungpati, dan MIK Sigap.

Vertical Rescue ini merupakan bagian dari operasi SAR. Dapat diartikan sebagi teknik evakuasi objek dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau kebalikannya, pada medan yang terjal baik kering maupun basah.

Dalam Vertical Rescue terdapat  2 teknik utama yang harus dikuasai: Teknik Penjangkauan Obyek dan Teknik Evakuasi Obyek. Teknik ini disiapkan ketika terjadi evakuasi di lereng, tebing atau digedung yang tinggi.

Pelatihan dibuka oleh Kepala BPBD Kota Semarang Ir. Arif Rudianto. MT, pada pelaksanaan pelatihan ini diikuti oleh 60 peserta dari berbagai potensi relawan yang ada di Kota Semarang.

Menurut Rudy Kepala BPBD Kota Semarang “Harapan kami teman-teman paham dengan alat-alat vertikal Rescue yang harus digunakan dan kita miliki, kemudian kedepannya apabila ada kejadian yang harus menggunakan penyelamatan dengan teknik vertikal rescue bersama-sama bisa menggunaan alat tersebut.”

“Peran relawan bisa menyesuaikan kebutuhan bencana, tentu tidak hanya BPBD tapi juga relawan dan masyarakat, kita harus terus berlatih supaya timbul refleks sebelum melatih ke masyarakat didaerah rawan bencana” imbuh Rudi

“Kita ketahui bersama bahwa Kota Semarang merupakan salah satu daerah yang rentan dengan Potensi bencana, diwilayah semarang tentunya perlu disiapkan teman-teman guna menjaga dan membantu sesama ketika terjadi bencana.”

“BPBD Kota Semarang akan selalu menjalin komunikasi dan saling koordinasi demi warga kota Semarang yang semakin Hebat” pungkasnya. (Oman)