Sound For Humanity Sebagai Kick Off Bulan Kemanusiaan PMI Kota Semarang Tahun 2022

Bankom Semarang News, SEMARANG – Acara Sound For Humanity yang digelar Sabtu (4/6/2022) petang tersebut merupakan kreasi yang sangat kreatif dari Ketua PMI Kota Semarang dan jajaran pengurusnya saat ini. gelaran acara Sound For Humanity diadakan di MAC Ballroom Jl Majapahit No. 168 Kota Semarang.

Acara yang ditata dengan apik dan luar biasa tersebut dihadiri Stekeholder Kota Semarang, Tokoh Masyarakat, Pengusaha, LSM dan Ormas, PMI Provinsi Jawa Tengah serta juga perwakilan relawan PMI Kota Semarang.

Selain Makan Malam, sound for Humanity ini juga menampilkan Fashion show yang ditampilkan oleh Duta Sound For Humanity PMI Kota Semarang, pembacaa puisi dan spesial performace artis ibu kota ternama Yuni Shara pelantun lagu mengapa tiada maaf diera tahun 90-an.

Ketua pengurus PMI Kota Semarang periode 2021-2026 Dr. dr Awal Presetyo Mkes. Sp. THT-KL MARS menerangkan saat di temui dilokasi acara ” PMI Kota Semarang akan mewujudkan visi menjadi PMI yang profesional, berintegritas dan bergerak bersama masyarakat, oleh karena itu isue terpenting didalam hal mewujudkan itu adalah bagaimana PMI bisa bersama masyrakat karena bencana kemanusiaan semakin luas dan komplek.”

“PMI mengajak berbagai lapisan masyarakat untuk menjadi mitra PMI sebagai relawan kemanusian, bersama-sama mencegah dan mengantisipasi serta menangani berbagai dampak bencana yang bisa menimpa siapa saja, oleh karena itu kita mengadakan kegiatan kick off sound for humanity dalam upaya untuk menggalang partisipasi masyarakat.” Tambah Awal Prasetyo

“Dan Sound for humanity ini bukan merupakan acara penggalangan dana, tetapi ini adalah sebuah upaya mengubah kegiatan yang biasanya kita lakukan setiap tahun yaitu bulan dana, ini kita perdalam, perluas, dan ubah paradigmanya, jadi yang terpenting bagi PMI adalah mengajak segenap lapisan masyarakat untuk menggelorakan suara kemanusiaan, bahwa dalam kegiatan-kegiatan terkait dengan upaya kreativitas kemanusiaaan itu ada berbagai macam kegiatan yang salah satunya nanti adalah mengumpulkan atau menyisihkan dana untuk kegiatan kemanusian melalui PMI.” imbuhnya.

Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan seluruh PMI yang ada di seluruh kota/kabupaten di Jawa Tengah yaitu bulan dana PMI, tapi untuk Kota Semarang tidak menggunakan istilah itu tapi menyebut dengan bulan Kemanusiaan, karena menurut ketua PMI Kota Semarang bahwa yang penting kegiatan-kegiatan kemanusiaannya seperti donor darah, pengobatan, edukasi kesehatan, pelayanan ambulance, dan juga disiapkan relawan – relawan tangguh dalam membantu masyarakat saat terjadi bencana.

Pada Kick Off Sound For Humanity tahun 2022 ini diketuai oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kota Semarang Emy Munfarida, SH “Saya selaku Kepala Kejaksaan Negeri mengucapkan terima kasih kepada PMI Kota Semarang atas kepercayannya kepada saya dan memberikan amanah kepada saya sebagai ketua panitia bulan kemanusiaan, dengan kepercayan kepada saya dengan bekerjasama dengan Ketua PMI dan jajarannya akan memaksimalkan apa yang akan dicapai mulai tanggal 1 juni sampai 31 Agustus 2022, kami tidak ada target tapi kami akan memaksimalkan dengan adanya bulan kemanusiaan ini dan bila kita berhasil maka tujuan kemanusiaan itu akan bisa dilaksakan secara maksimal.”

Sarwa Pramana Ketua PMI Daerah Jawa Tengah menambahkan “Bahwa kegiatan bulan dana PMi atau bulan Kemanusiaan merupakan kreativitas dan inovasi positif yang dilakukan PMI Kota Semarang, pada dasarnya bulan dana PMI itu dilakukan tidak serentak di kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah, itu sangat tergantung pada kondisi wilayah masing-masing.”

“Karena ini rekomendasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini tidak serentak, tiap Kabupaten/Kota akan bergerak berbeda-beda, sehingga masing-masing sangat tergantung pada kebijakan Bupati/Walikota diwilayah masing-masing, dan pelaksanaan kegiatan bulan dana PMI kepanitiaannya sesuai kearifan lokal masing-masing,”

“PMI Kota Semarang ada beberapa ponit yang sangat positif dan kuat yang pertama ketersedian plasma darah konvalesen sangat luar biasa pada saat wabah covid-19 kemarin, kemudian Dapur Umum PMI Kota Semarang sangat massive dan sangat kuat karena ditingkat Kecamatan dan Kelurahan punya relawan PMI, yang PMI Kota Semarang juga punya perguruan tinggi Politeknik Bina Trada yang perlu di dukung bersama.” pungkas Sarwa Pramana. (Oman)