PENSAGA 2021 Hadirkan Inovasi Baru Penyelenggaraan Event Daring

Bankom Semarang News, SEMARANG – Pandemi Covid-19 telah mendorong kreativitas anak – anak muda di Kota Semarang. Salah satunya siswa – siswi SMA Negeri 3 Semarang yang berupaya untuk tetap eksis melalui kegiatan tahunan PENSAGA 2021, atau Pentas Senin dan Aksi SMAGA 2021 yang akan digelar pada tanggal 11 Desember 2021.

Berbeda dari penyelenggaraan kegiatan serupa tahun-tahun sebelumnya, event PENSAGA 2021 akan menghadirkan format baru, dengan semangat mendukung pencegahan virus COVID-19 . Melibatkan hampir seluruh siswa – siswi SMA Negeri 3 Kota Semarang, PENSAGA 2021 menghadirkan teknologi ‘Massively Multiplayer Online Event’.

Ketua PENSAGA 2021, Arya Nandhana Syariendrar menguraikan, pihaknya akan menyediakan portal khusus pengunjung dapat tetap merasakan sensasi datang ke kegiatan luring. Pengunjung PENSAGA 2021 tak sebatas disajikan sebuah siaran daring saja, tapi juga dapat berkeliling venue secara digital, mengunjungi stand, hingga mengikuti games.

“Kami menghadirkan sajian pensi yang sebenarnya, tak hanya menyaksikan sebuah penampilan lewat layar video, namun juga bagaimana pengunjung berinteraksi dan menikmati PENSAGA selayaknya mengunjungi kegiatan sesungguhnya secara offline,” terang Arya yang juga aktif dalam organisasi Gerakan Remaja Cegah Penyebaran COVID-19 (GERCEP).

Tak hanya berinovasi dalam metode pelaksanaan, Arya menyebutkan PENSAGA 2021 juga tak hanya sebatas menyajikan pertunjukan artis nasional, seperti pensi – pensi lainnya. PENSAGA 2021 ditegaskan akan mengembalikan esensi pensi sesungguhnya, dengan lebih memberi ruang keterlibatan siswa – sisiwi itu sendiri.

“Pensi bukan konser musik, jadi esensi penyelenggaraannya bukan berkompetisi menghadirkan Guest Stars yang paling keren. Guest Stars itu adalah konten ekstern, konten utama seharusnya adalah kreasi siswa – siswi. Maka semangat itulah yang kami coba kuatkan kembali dalam penyelenggaraan PENSAGA 2021,” tegas Arya.

“Konsepnya sendiri kami berupaya membuat sebuah pensi yang dapat menyatukan segala bentuk seni pertunjukan. Dari mulai musik, tari-tarian, seni peran, sinematografi ke dalam sebuah alur yang tersinkronasi dari awal sampai dengan akhir,” tambah putra bungsu Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi tersebut.

Secara detail, dengan tajuk NOSAFANCIA, PENSAGA 2021, akan menampilkan sebuah pertunjukan teater secara virtual yang dimainkan oleh siswa – siswi SMA Negeri 3 Semarang. Dan dalam alur cerita yang dibuat tersebut, seluruh potensi kreasi siswa – siswi akan dipertontonkan, mulai dari marching band, sinematografi, tari, seni peran, penampilan musik.

Di sisi lain, keterlibatan artis nasional juga tetap ada dalam PENSAGA 2021. Sejumlah musisi yang saat ini digemari anak muda dijadwalkan akan tampil pada tanggal 11 Desember 2021, mulai dari grup musik Vierratale, hingga solois Oslo Ibrahim dan Ardhito Pramono.

Arya sendiri mengharapkan PENSAGA 2021 dapat berjalan sukses dengan adanya sejumlah inovasi yang dibawa. “Untuk informasi yang lebih lengkap bisa follow akun media sosial instagram kami di @PensagaOfficial, atau juga bisa melihat di youtube PENSAGA 2021,” tuturnya.(Oman)