Lomba MTQ Bentuk Karakter Masyarakat

Bankom Semarang News, SEMARANG + Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kecamatan Tembalang menggelar Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat pelajar dan umum di aula Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (22/9/2021).

Ketua LPTQ Tembalang Nur Patoni meminta, ajang perlombaan menjadi motivasi masyarakat untuk melestarikan membaca Alquran. Sebab, dengan membiasakan membaca Alquran yang baik dan benar dapat membentuk karakter masyarakat.

“Kami berharap, kejuaraan ini menjadi momen bagi masyarakat, khususnya di kalangan pelajar untuk biasa baca Alquran yang baik dan benar. Semoga dengan kebiasaan tersebut menjadi karakter, akhlakul karimah,” kata Patoni seusai penyerahan hadiah, Rabu (22/9/2021).

Secara khusus, lanjutnya kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai seleksi untuk maju tingkat Kota Semarang. “Ini memang tujuan sebenarnya untuk seleksi, namun lebih dari itu yang terpenting masyarakat terbiasa membaca Alquran,” ucapnya.

Menurutnya, gelaran tersebut bukan hanya menjadi ajang untuk mengembangkan kompetensi agama. Namun juga menjadi pengamalan ilmu agama, yakni sportif sesuai dengan aturan yang berlaku. “Harapan kami tentu juga mengikuti kegiatan dengan sportif, dan alhamdulillah bisa berjalan sesuai dengan harapan,” tuturnya.

Nur Patoni lantas menerangkan, untuk tingkat pelajar SD/MI, MTs/SMP, MA/SMA/SMK terdapat tiga cabang perlombaan. Antara lain tartil, tilawah, dan tahfiz. Sedangkan pada lomba tingkat umum terdapat cabang tahfiz, tilawah, tafsir, fahm, dan maqalah. “Total peserta ada 41 orang, tampil satu babak dengan sistem gugur,” ungkapnya.

Untuk itu, dia berharap agar para pemenang tidak berpuas diri atas torehan prestasi saat ini. Namun prestasi saat ini menjadi pemacu untuk lebih baik lagi dengan semakin tekun belajar dan berlatih agar mampu berprestasi di tingkat Kota Semarang, Jawa Tengah dan Nasional.

“Semoga saja ada perwakilan dari Tembalang yang juara tingkat Kota Semarang, sehingga berhak maju di tingkat propinsi. Juga bagi yang belum berhasil jangan putus asa. Masih ada banyak kesempatan untuk jadi juara, syaratnya sama, giat belajar dan berlatih,” pesannya. (rif)

Foto: Para pemenang lomba berfoto bersama panitia seusai menerima hadiah secara simbolis. (rif)