Sedulur Plasma Semarang Gencarkan Screening Plasma Jemput Bola

Bankom Semarang News, SEMARANG – Sebanyak 21 Penyintas Covid-19 di wilayah Meteseh Tembalang Sabtu (14/08) hadir di Mushola Nurul Huda Dinar mas untuk mengikuti sampling darah plasma konvalesen.

Koordinator Sedulur Plasma, Purwoko mengatakan “Sampling darah plasma konvalesen ini merupakan inovasi giat sosial kemanusiaan dalam rangka usaha membantu ketersediaan plasma konvalesen di UDD PMI Kota Semarang.”

“Tingginya permintaan Plasma konvalesen yang masuk ke UDD PMI Kota Semarang pada awal Juli kemarin, membuat Waktu untuk Proses Donor Plasma Konvalesen membutuhkan Waktu sampai 2 hari. Hari pertama untuk Sampling dan Hari kedua untuk proses donor plasma konvalesen baik secara konvensional maupun apheresis”. paparnya.

Melihat kondisi tersebut, Muncul ide memfasilitasi para penyintas untuk Lakukan sampling di lokasi dekat Rumah. harapannya semakin banyak penyintas yang tergerak dan merasa nyaman dalam proses sampling tersebut.

“Gagasan ini muncul setelah diskusi dengan beberapa rekan relawan yang selama beberapa minggu terakhir terjun langsung ke lapangan untuk membantu edukasi, pendampingan penyintas Covid-19 yang mau berdonor plasma konvalesen.” tutur Retno Ketua PKK RW 16 Meteseh.

Retno mengungkapan team sedulur plasma Sangat Komunikatif, dalam memberikan info, arahan dan motivasi untuk donor plasma konvalesen sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan anusiasme warga sangat besar.

”Terbukti pada gait sampling pertama (31/07)) yang lalu sebanyak 25 Penyintas sudah Mendaftar secara online telah hadir sebanyak 21 dan menggikuti hingga selesai. Dan hari ini (14/08) sebanyak 20 pendonor hadir dari total 23 Orang yang sudah mendaftar secara Online. ” tambah Retno

Ni Wayan Koordinator sedulur plasma dan juga warga RW 16 Meteseh melaporkan pada giat sampling pertama (31/07) penyintas Covid-19 yang hadir pada acara ini sebanyak 21 penyintas 11 diantaranya lolos untuk donor plasma konvalesen”.

“Giat sampling pertama (31/07), semua yang lolos Donor plasma Konvalesen dengan metode Apheresis hadir ke UDD PMI Kota Semarang pada Minggu (1/8/2021) yang lalu.” lapornya.

Ni Wayan menambahkan “Selanjutnya, hari ini 14 agustus 2021 kembali di laksanakan event serupa, kali ini akan lebih semarak, karena dalam rangka menyambut peringatan HUT RI ke 76, sebanyak 20 saudara-saudara penyintas covid-19 ikut berpartisipasi menjadi Pahlawan Plasma. ”

Sebelumnya para calon pendonor wajib melakukan registrasi melalui link berikut bit.ly/regSEDULURPLASMAJUL21 dan selanjutnya akan mendapatkan Jadwal jam kedatangan, sehingga protokol kesehatan Covid-19 dapat dijalankan secara maksimal. (Oman)