Polrestabes Semarang Launching Presisi Command Center

Bankom Semarang New, SEMARANG – Sabtu, 8 Mei 2021 Polrestabes Semarang resmi memikili aplikasi LIBAS (Polisi Semarang Hebat) layanan berbasis IT ini merupakan Aplikasi layanan masyarakat berupa aplikasi LIBAS yang bisa di download melalui playstore.

Dihadiri Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Lutfhi, SH, S.S.T, M.K, Walikota Semarang, Ketua DPRD Kota Semarang, Kodim 0733 BS Semarang, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta organisasi kemasyaraktan Layanan Libas dipantau melalui Command Center yang pagi ini ,Sabtu (8/5/2021) diresmikan yang berada di halaman Markas Polrestabes Semarang yang beralamat di Jl. DR. Sutomo No.19 Kota Semarang.

Kombes Irwan Anwar,S.I.K, SH, S.Hum selaku Kapolrestabes Semarang menyampaikan bahwa pelayanan Comamand Center berbasis IT ( Technologi Informasi), ada dua kelompok kerja yang telah di sediakan antara lain kelompok kerja LIBAS dan Kelompok kerja Command Center.

Program LIBAS merupakan program Kapolri yaitu pelayanan publik menuju Polri yang persisi, kemudian diaplikasikan oleh Polrestabes Semarang dengan Aplikasi LIBAS. ada empat program Kapolri yakni  Transformasi, dibidang Organisasi, Pelayanan Publik, Operasional, dan Pengawasan. Untuk menciptakan Konsep “Polisi Persisi” atau pemolisian prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan. Dan konsep Kapolri tersebut dinilai cocok untuk menghadapi tantangan zaman

Menurut Kapolrestabes “Ada beberapa fitur yang terintegrasi di aplikasi LIBAS, aplikasi tersebut terintegrasi bersifat Lokal maupun Nasional.” 

“Aplikasi yang bersifat nasional yaitu SINAR atau aplikasi pembuatan SIM dari Korlantas, kemudian aplikasi Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP), TV, dan radio Polri, Sedang untuk aplikasi lokal Polrestabes Semarang layanan tersebut terintegrasi dengan Ambulance Hebat pemerintah kota Semarang, Monitoring CCTV, Info Covid-19 dan info mudik” Tambahnya 

“Kemudian untuk aplikasi yang diinsiasi oleh Polrestabes Semarang yaitu SKCK Hebat dimana warga kota Semarang yang akan mengurus SKCK tidak perlu membutuhkan waktu lama. Kemudian besuk virtual,  siabimesem, aplikasi sim keliling, SOS, dan panic button,” jelasnya.

Irwan mengatakan pada Command Center akan memantau personel kepolisian yang telah terekam pada aplikasi Tebas. Hal ini bertujuan jika ada panggilan darurat dari masyarakat pesan dapat segera tersampaikan ke personel terdekat.

“Kemudian pada aplikasi LIBAS akan terkoneksi dengan Tim Elang Hebat Semarang,” tuturnya.

Ia menuturkan aplikasi LIBAS resmi diluncurkan pada Sabtu (8/5/2021).

Pihaknya ingin adanya pelayanan berbasis IT ini, Polretabes Semarang dapat naik tingkat menjadi pelayanan prima.

Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Drs. Ahmad Lutfhi, SH, S.S.T, M.K yang hadir dalam peresmian aplikasi LIBAS tersebut menyampaikan  “Jadikan polisi dekat dengan masyarakat. Viralkan aplikasi libas ini ke masyarakat karena sangat bermanfaat bagi masyarakat”. (oman)