Musda KNPI Kab. Semarang Bagus Suryokusumo Terpilih Secara Aklamasi.

Bankom Semarang News, UNGARAN – Musyawarah Daerah DPD KNPI Kabupaten Semarang Tahun 2021 dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Jalan Ahmad Yani Ungaran. Bagus Suryokusumo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Semarang periode 2021-2024, Jumat (14/4/2021).

Saat ditemui Media Panitia Musda KNPI Kabupaten Semarang Didit Saputra menjelaskan dalam proses pemilihan Bagus terpilih secara aklamasi setelah calon lainnya, Yogi Pratama dari Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak mampu melengkapi persyaratan sebagai calon ketua KNPI.

“Sesuai tata tertib pemilihan calon harus mendapatkan dukungan minimal 6 OKP. Yogi hanya mendapatkan dukungan 4 OKP dari organisasi sayap PPP, dinyatakan gugur tidak memenuhi syarat,” ujarnya.

Dikatakan Didit, proses pemilihan dilanjutkan dengan aklamasi karena calon ketua yang maju dalam Musda hanya dua orang. Ia menyatakan sangat mengapresiasi proses demokrasi Musda internal KNPI yang berlangsung lancar dan tertib.

Bagus Suryokusumo dalam sambutannya sebagai Ketua KNIP Kabupaten Semarang terpilih mengajak seluruh OKP bersatu bergandeng tangan bersama-sama dengan menjadikan KNPI sebagai Rumah Besar pergerakan kepemudaan.

Salah satu target selama kepengurusannya, ia berharap Pemkab Semarang membuat Perda Kepemudaan. Hal ini dirasa perlu karena jumlah OKP di Kabupaten Semarang cukup banyak dan memiliki potensi besar berperan dalam pembangunan daerah.

” Perda kemudaaan kita perlukan untuk mengelola OKP-OKP yang ada di Kabupaten Semarang. Saat ini yang tergabung dalam KNPI ada 29 OKP, belum lagi saat ini sudah ada OKP-OKP lain yang mengantre akan bergabung,” kata Bagus di hadapan peserta Musda.

Menurut Bagus, adanya Perda Kepemudaan laju roda pergerakan kepemudaan dapat berjalan sesuai harapan bersama. Tingkat partisipasi dan pemberdayaan pemuda dapat tercapai maksimal.

” Saya kembalikan warwah KNPI. Sebelumnya seakan-akan sebagai event organizer Pemkab. Dengan kepengurusan baru kita semua harus memahami kebutuhan organisasi kepemudaan ini. Kita bersama-sama mengusulkan dibentuknya Perda Kepemudaan,” tandasnya disambut teriakan setuju dari peserta Musda.

Bagus menyebutkan, KNPI proaktif dan solutif dalam program kerja berkesinambungan menampung aspirasi masyarakat dan organisasi. Selain itu, proaktif bekerjasama dengan pemerintah maupun pihak ketiga dalam rangka berpartisipasi untuk kesejahteraan masyarakat.(Arie/Bin)