Kisah Kelam Valentine yang Dirayakan Sebagai Hari Kasih Sayang

Bankom Semarang News, SEMARANG – Valentine merupakan hari yang sangat dinantikan bagi sebagian orang didunia, ini, terutama bagi mereka yang berpasangan, momen tersebut merupakan momentum untuk mencurahkan kasih sayang dengan memberikan hadiah berupa bunga, cokelat sebagai bentuk ekpresi bahwa mengungkapkan rasa sayang dan cinta kepada pasangannya. Namun, pernahkah Anda tahu sejarah Valentine? berikut ini penjelasannya.

Sampai saat ini belum ada yang benar-benar tahu sejarah sebenarnya di balik Hari Valentine, dan juga tidak ada teori yang benar-benar diperiksa. Namun, orang-orang yang meyakini bahwa sejarah Hari Valentine ada hubungannya dengan St. Valentine.

Untuk lebih jelas, berikut ini ulasan mengenai sejarah Valentine yang dilansir dari berbagai sumber.

Menyadur The New York Times, ada kemungkinan Hari Valentine ini didasarkan pada kombinasi dua pria. Pasalnya, ada dua nama Valentine yang dieksekusi pada 14 Februari (meskipun di tahun yang berbeda) oleh Kaisar Claudius II.

Diyakini bahwa Gereja Katolik mungkin telah menetapkan Hari St. Valentine pada 14 Februari untuk menghormati orang-orang ini, yang mereka yakini sebagai martir. 

Terlebih lagi, salah satu dari orang-orang tersebut, Santo Valentine dari Terni, secara diam-diam meresmikan pernikahan untuk tentara Romawi yang bertentangan dengan keinginan kaisar pada masa itu.

Kisah lain melibatkan praktik menulis surat cinta untuk Valentine Anda. Dikatakan bahwa St. Valentine menulis salam “valentine” pertama untuk seorang gadis muda yang dia ajar dan jatuh cinta dengannya saat dia dipenjara karena kejahatan yang diuraikan di atas.

Menurut The History Channel, sebelum kematiannya, dia menulis surat yang ditandatanganinya “Dari Valentine Anda,” yang tetap menjadi frasa yang umum digunakan hingga hari ini.

Yang lain percaya bahwa Hari Valentine pada 14 Februari sebenarnya ditetapkan oleh Paus Gelasius I untuk menggantikan festival Romawi kuno Lupercalia, yakni perayaan kesuburan untuk dewa pertanian Romawi serta pendiri Romawi Romulus dan Remus. 

Pada pertengahan 1800-an Hari Valentine pada 14 Februari menjadi lebih dikomersialkan mulai pada tahun 1850, Esther Howland, putri pemilik toko alat tulis di Worcester, Massachusetts, mulai memproduksi kartu ucapan Valentine dengan puisi, bunga mawar, dan  lainnya yang saat ini diasosiasikan secara universal.

Demikian informasi mengenai sejarah Valentine yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari dengan memberikan bunga, coklat, ucapan, jalan-jalan, dan kegitannya lainnya bersama orang-orang tersayang.(Oman)