Serbuan Vaksinasi Koarmada II Di Tegal, Ganjar : Bangga, Trenyuh, Terharu

Bankom Semarang News, KAB. TEGAL – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi Koarmada II yang membantu upaya percepatan vaksinasi di wilayahnya, khususnya Kabupaten Tegal. Ganjar mengaku trenyuh dengan kerjasama ini.

Hal itu disampaikan Ganjar usai meninjau acara Serbuan Vaksinasi COVID-19 Koarmada II kepada masyarakat Kabupaten Tegal, di GOR Trisanja Slawi, Rabu (25/8). Ganjar mengaku kaget saat dihubungi oleh Panglima Koarmada II.

“Ketika beliau telpon saya akan membantu vaksinasi di Jawa Tengah. Bangga, trenyuh, terharu, rodo bingung, ini kok sampai ke sini ngapain? Ternyata beliau itu wilayahnya sampai di Cilacap, ternyata beliau coverage areanya segitu,” kata Ganjar saat konferensi pers.

Ganjar menyebut serbuan vaksinasi ini merupakan berkah bagi Jawa Tengah khususnya Kabupaten Tegal. Ganjar mengatakan, servuan vaksin ini bagian dari ikhtiar agar makin banyak masyarakat yang mendapat vaksin.

“ini adalah ikhtiar kita, agar cepat semakin banyak warga kita yang divaksin. Pengalaman membuktikan, buat mereka yang sudah divaksin relatif dirinya sehat, relatif aman,” ujar Ganjar.

Sampai hari ini, Ganjar mengaku sudah banyak mendapat protes baik dari siswa yang ingin segera bersekolah tatap muka hingga para seniman yang sudah rindu berpentas.

Hanya saja itu belum bisa dilakukan. Sebab masih banyak yang belum mendapatkan vaksin. Sehingga percepatan terus dilakukan. Ganjar pun meminta masyarakat tetap bersabar karena stok vaksin masih terbatas.

“Insyaallah mulai bulan Agustus mulai ditambah September nanti makin banyak, Oktober sampai November itu peaknya (puncaknya). Maka kita menyiapkan untuk bergotongroyong hari ini dengan TNI Polri, dengan kabupaten kota setiap saat mengkoordinasikan dan mudah-mudahan terjadi lebih banyak nanti warga yang bisa disuntik,” jelasnya.

Pangkoarmada II Laksda TNI Dr Iwan Isnurwanto menjelaskan meski bermarkas di Jawa Timur, pelaksanaan serbuan vaksinasi ini dilakukan karena wilayah kerja Koarmada II meliputi beberapa daerah di Jawa Tengah salah satunya Kabupaten Tegal.

Serbun vaksinasi ini merupakan wujud kontribusi dari TNI Angkatan Laut, untuk membantu terbentuknya herd immunity di Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Tegal.

“Semoga kami angkatan laut, Koarmada II khususnya, dapat memberikan kontribusi yang besar utk membentuk herd immunity di wilayah kabupaten Tegal khususnya juga di Jawa Tengah,” kata Iwan.

Iwan menjelaskan, Serbuan Vaksinasi di Kabupaten Tegal dilakukan serentak di empat titik yakni Ponpes Ma’hadut Tholabah-Lebaksiu, Purwahamba Indah-Suradadi, Kalibakung dan di GOR Trisanja. Pelaksanaan dilakukan selama dua hari.

“Kami sudah menyiapkan kurang lebih 30ribu dosis vaksin dan kami mengharapkan selama dua hari ini dapat diselesaikan, dihabiskan,” ujarnya.(Rifqi)