Zakat, Infaq, dan Sedekah Sekolah Nasima Tembus Seratus Juta Dimasa Pandemi.

Bankom Semarang News, SEMARANG – Wakil Kepala Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nasima Semarang Ilyas Jauhari menyebut pengumpulan zakat, Infaq dan sedekah (ZIS) Sekolah Nasima di tahun ini menembus seratus juta lebih.

“Alhamdulillah, pada tahun ini Sekolah Nasima kembali menyalurkan zakat, sedekah dan infaq bagi masyarakat yang membutuhkan sesuai asnaf,” kata Ilyas dalam sambutan laporan penyerahan di SD Nasima, Jalan Puspanjolo Selatan, Bojongsalaman, Semarang Barat, Kota Semarang, Sabtu (8/6).

“Jumlah total pada tahun ini alhamdulillah mencapai Rp 100.695.000.000,00, meningkat 319 persen dari tahun sebelumnya yang berjumlah Rp.31.335.000,” kata Ilyas melanjutkan.

Menurut Ilyas, meningkatnya kesadaran zakat, infaq maupun sedekah di lingkungan keluarga besar Sekolah Nasima pada tahun ini tak lepas dari peran para wali kelas yang menanamkan karakter pendidikan. “Kegiatan ini untuk mengembangkan karakter dan menjalankan ajaran agama di Sekolah Nasima,” kata Ilyas.

“Jadi ilmu tidak sekedar dipelajari, tapi juga dipraktikkan. Maka setiap tahun kami mengumpulkan zakat, sedekah dari para guru, murid, orangtua dan keluarga besar Sekolah Nasima,” sambungnya.

Ilyas menjelaskan, kegiatan penyaluran ZIS sebelumnya dilakukan oleh setiap jenjang pendidikan secara terpisah. “Selama dua tahun ini kita satukan pengumpulannya dalam satu wadah, dari KB/TK sampai SMA kita jadikan satu,” ungkapnya.

Untuk menghindari kerumunan, penyaluran diberikan kepada perwakilan dari 7 panti asuhan, 5 pondok pesantren, 5 masjid, dan warga di sekitar Nasima. “Alhamdulillah meski masih pandemi Sekolah Nasima bisa menyalurkan zakat, sedekah, dan infaq,” tuturnya.

Sementara Ketua Pengawas Pendidikan YPI Nasima, H Ragil Wiratno mengatakan keberhasilan Sekolah Nasima dalam meningkatkan ZIS merupakan salah satu indikator keberhasilan seluruh tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan dalam menanamkan karakter yang diharapkan Sekolah Nasima.

“Ini menandakan stakeholder Nasima telah berhasil mengantarkan anak didik menjadi lebih terhormat karena berhasil memunculkan keimanan, ketaqwaan kepada Allah sebagai karakter keagamaan,” katanya.

Lebih dari itu ia berharap para penerima ZIS Sekolah Nasima dapat ikut merasakan kebahagiaan yang sama. “Paling tidak kita bisa berbagi bersama rekan-rekan kita yang kurang menguntungkan, mudah-mudahan tepat sasaran, dan mudah-mudajan sesuai harapan kita yaitu di hari lebaran mereka bisa merasakan kebahagiaan seperti yang kita rasakan,” pungkasnya. (arh)