Persiapan Hadapi Bencana, SAR Samapta Polda Jateng Dan SAR BANKOM Latihan Bersama Di Waduk Jatibarang.

Bankom Semarang News, SEMARANG – Tahun ini Indonesia terlewati Badai La Nina, menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak Oktober 2020 telah memprediksikan bahwa Puncak Musim Hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2021.

Sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 94 persen dari 342 Zona Musim telah memasuki musim Hujan. saat ini Januari telah memasuki puncak musim hujan yang diperkirakan akan berlangsung hingga Februari 2021.

Untuk menghadapi bencana di musim penghujan yang datangnya sewaktu-waktu dan mempersiapkan anggota baik SAR Samapta Polda Jateng ataupun SAR BANKOM dalam membantu masyarakat, Sabtu (30/1/2021) SAR Samapta Polda Jateng Dan SAR BANKOM mengadakan kegiatan latihan bersama di Waduk Jatibarang yang berada di Kecamatan Gunungpati kota Semarang.

Dua Unit mobil SAR Polda Jateng Dan beberapa mobil taktis diturunkan dalam latihan ini, satu perahu karet dengan kapasitas 8 orang serta APD (alat Pelindung diri) seperti pelampung, helm dan perlengkapan penunjang dalam penanganan korban banjir disiapkan.

Tema pada latihan bersama kali ini “SAR Polda Jateng latihan bersama Bankom Kota Semarang dalam Rangka Siaga Bencana Alam”.

AKBP I Nyoman Kompin selaku KASUBDIT GASUM Dit Samapta Polda Jateng menyampaikan “Bahwa Kami Selaku Polisi pelayan masyarakat bertugas Prefentif termasuk salah satunya pada bencana alam, bersama berlatih dengan SAR BANKOM, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan antisipasi dengan adanya Bencana”.

“Latihan bersama ini selain tugas kita sama-sama melayani masyarakat terutama dalam kebencanaan, baik itu bencana banjir tanah longsor, dan sesuai yang kita miliki, direktorat untuk itu kita siapkan kita latihkan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana, kita dibutuhkan, kita sudah siap” tambahnya

“Karna cuaca hari ini kurang mendukung, karna hujan dari pagi sampai siang ini, sehingga air Waduk cukup tinggi, dan tidak mengambil resiko, kami adakan pelatihan terori di darat, dan kedepannya masih banyak agenda latihan dan kegiatan bersama untuk menambah skill dan kemampuan masing-masing anggota SAR tersebut.” pungkasnya. (Oman)