Drive Thru, Cara Unik SMP Domsav Bagikan Raport Siswa Di Masa Pandemi

Bankom Semarang News, SEMARANG – Momen pengambilan raport anak tentu jadi hal yang dinantikan para wali murid. Namun, tradisi pengambilan raport dengan mengumpulkan wali murid tentu akan berpotensi jadi penularan COVID-19.

Hal itu disiasati para guru di SD-SMP PL Domenico Savio Semarang dengan sistem drive thru. Ya, sekolah memilih cara tersebut untuk meminimalisir kerumunan di sekolah saat pengambilan raport.

Praktis, hal ini menarik perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Saat melintas, Ganjar langsung putar balik dan masuk ke halaman sekolah untuk menengok proses pengambilan raport secara Drive Thru.

“Ini keren sekali, jadi para orangtua tanpa turun dari kendaraannya mengambil raport anaknya. Ini bagus,” kata Ganjar, Jumat (18/12).

Proses pengambilan raport secara Drive Thru tersebut, dimulai melalui pintu masuk SMP Domsav yang berdekatan dengan Gereja Katedral Semarang. Kemudian, di halaman sekolah sudah tersedia sejumlah meja yang dinomori per kelasnya.

Para guru yang memberikan raport pun mengenakan masker, sarung tangan hingga faceshield. Selain itu, sebelum dan sesudah mengambil raport pun disemprot hand sanitizer.

Meski drive thru, kendaraan yang digunakan orangtua tidak dibatasi. Kepada Ganjar, guru dari Domsav mengatakan jika orangtua bebas menggunakan kendaraan apapun. Tak terkecuali sepeda.

“Ini pakai sepeda juga boleh pak,” ujar salah seorang guru SMP PL Domsav.

Ganjar kemudian sempat mengobrol dengan salah satu wali murid yang juga mengajak anaknya. Kepada Ganjar, sang wali murid mengaku senang karena tetap bisa mengambil raport anaknya di sekolah.

“Gimana kamu sekolahnya di rumah terus asik nggak?” tanya Ganjar pada salah satu siswi kelas 3 di SD PL Domsav Semarang yang sedang antri menuju meja C.

“Enggak,” jawab anak tersebut disambut tawa Ganjar.

“Ternyata nggak asik, tapi kan lagi pandemi. Nanti ya setelah pandemi. Ya sudah sana ambil raport dulu,” ucap Ganjar.

Ganjar pun mengapresiasi inovasi yang dilakukan para guru di SD-SMP PL Domsav Semarang. Sehingga, kata Ganjar, orangtua siswa tetap bisa ambil raport dan aman dari penularan COVID-19.

“Jadi kalau kamu lihat hari ini, mereka wali murid sedang ambil rapot. Tadi saya bersepeda dan tertarik ada apa kok ramai- ramai. Ternyata caranya menerapkan protokol kesehatan yang sangat bagus sekali dengan cara drive thru. Nah inilah inovasi-inovasi yg tetep saja rapot bisa diambil orangtua bisa datang tapi sisi lain aman,” ucap Ganjar.(Oman /Arh)