Hasil dari Progam Pertanian, Pemuda Ansor Desa Plantaran Mampu Dirikan Koperasi.

Bankom Semarang News, KENDAL – Dari hasil progam pertanian berupa penaman jagung pada tahun 2019, Pengurus Ranting (PR) Gerakan Pemuda Ansor Desa Plantaran Kecamatan Kaliwungu Selatan mampu mendirikan sebuah koperasi.

Genap berusia 1 tahun beridirinya koperasi yang diberi nama Koperasi Ngudi Rizki Berkah (Kober), pengurus koperasi memperingatinya dengan mengadakan sebuah tasyakuran sederhana di Rumah Makan Jatirasa Kaliwungu, minggu (25/10/2020).

Acara yang diikuti seluruh jajaran pengurus dan anggota Koperasi Kober dihadiri Kasie Fasilitasi dan Kemitraan Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kendal, Utomo S,sos dan Pokja Pertanian PC GP Ansor Kendal, yang juga menjabat sebagai Komite Tetap Ketahan Pangan Kamar Dagang Industri (Kadin) Kendal, Ngatno.

Ketua Koperasi Kober Agus Wahyudi menuturkan, koperasi Kober yang didirikan atas inisiasi Pemuda Ansor Desa Plantaran mulai resmi berdiri tepat pada Hari Santri Nasional setahun yang lalu.

Dikatakan, dipilihnya Hari Santri Nasional saat launching dimaksudkan agar pendirian koperasi memiliki nilai historis.

“Koperasi ini beranggotakan puluhan orang dari Ansor dan banom NU Plantaran,” terangnya.

Agus juga menjelaskan bahwa, modal awal pendirian koperasi berasal dari keuntungan pertanian berupa penaman jagung Ansor Plantaran di tahun 2019 ditambah dengan iuran dari pengurus dan anggota.

Meski diakui omset dari koperasi setelah setahun berjalan belum signifikan, namun dirinya tetap optimis bahwa Kober ke depan akan lebih baik lagi dan lebih maju.

Di tempat yang sama, Bendahara Kober Teguh Widodo berharap diusia satu tahun ini Kober bisa memberikan kemanfaatan bagi Ansor dan banom-banom NU di Desa Plantaran.

“Koperasi yang memiliki peran meningkatkan perekonomian ini semoga juga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Plantaran,” harapnya.

Berdirinya Koperasi Kober yang telah berjalan selama satu tahun mendapat apresiasi dari inas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kendal. Apresiasi itu disampaikan oleh Kasie Fasilitasi dan Kemitraan Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kendal, Utomo S,sos.

Menurutnya, koperasi Kober sudah bagus, karena sudah punya modal berupa semangat dari para pengurus dan anggotanya.

Untuk mengembangkan koperasi agar bisa lebih maju, kata Utomo, peran antara pengurus dan anggota untuk saling bersinerge sangat dibutuhkan.

“Disini pengurus dan anggota perannya sudah bagus, tinggal lebih ditingkatkan lagi dalam managementnya,” ungkapnya.

Dirinya berharap, ke depan koperasi Kober bisa lebih maju dan bisa menjadi contoh bagi ranting-ranting Ansor di Kendal dalam melakukan pengembang ekonomi di organisasi.

Pokja Pertanian PC GP Ansor Kendal, Ngatno berharap, kedepan koperasi ini bisa menjalankan program kerakyatan yang berbasis korporasi. Karean ia menilai dengan banyaknya prodak UMKM di lingkungan sekitar, koperasi harus mampu menampung dan membina para pelaku UMKM hingga tercipta hubungan simbiosis mutualisme atau hubungan yang saling menguntungkan.

“Hubungan simbiosis mutualisme itu ke depan bisa benar-benar dilakukan,” kata Ngatno yang juga menjabat sebagai Komite Tetap Ketahan Pangan Kamar Dagang Industri (Kadin) Kendal.

Terpisah, Ketua PC GP Ansor Kendal, Misbahul Munir juga memberikan apresiasi kepada PR GP Ansor Desa Plantaran yang terus berupaya mengembangkan progam perekonomian.

“Pendirian koperasi seperti yang dilakukan PR GP Ansor Plantaran semoga dapat ditiru oleh ranting-ranting Ansor yang ada di Kabupaten Kendal, sehingga menjadikan kekuatan kemandirian ekonomi organisasi dan Anggota,” harapnya. (oman/Arh)