Roti Ganjel Rel Masuk Daftar 50 Roti Terbaik Dunia

Roti Ganjel Rel atau Roti Gambang Khas Semarang

Bankom Semarang News, SEMARANG – Salah satu makanan tradisional Kota Semarang yang jarang diketahui atau sering dilewatkan adalah roti ganjel rel atau roti gambang. roti yang aslinya berbahan dasar tepung singkong ini bertekstur keras dan kasar, akhirnya jarang diminati.

Disebut roti ganjal rel karena bentuknya bantat, serta bentunya yang persegi panjang dan tebal seperti bantalan rel. Roti ganjal rel memiliki rasa manis dari gula aren sehigga warna rotinya pun coklat.

Roti ganjel rel sendiri sudah ada sejak jaman kolonial belanda menguasai negeri ini, oleh sebab itu roti keras dan bertabur wijen itu sering disebut sebagai roti peninggalan Belanda

inovasi dilakukan bagaimana agar roti ganjel rel ini diminati, akhirnya digantilah bahan utama tepung singkong dengan tepung terigu sehinggal roti ganjal rel tersebut menjadi lebih lembut dan mudah dimakan.

Roti gambang berhasil masuk daftar 50 roti terbaik di dunia versi CNN. Tanggal 16 Oktober diperingati Hari Roti Sedunia, CNN mengeluarkan daftar 50 roti terbaik di dunia atau 50 of the world’s best breads. Daftarnya dirilis berdasarkan alfabet negara asal roti tersebut. Tiap jenis roti ternyata memiliki bahan dan kisah unik di baliknya. Roti gambang digambarkan dengan aroma kayu manis yang menggugah selera. Roti memiliki sejarah panjang hingga kini bisa dinikmati di banyak negara termasuk Indonesia. Dikutip dari CNN (16/10/2019), “Roti sebenarnya bergantung pada budaya di tiap negara” terang sejarawan roti William Rubel.

Meskipun termasuk makanan khas Semarang, roti ini jarang ditemui karena yang memproduksinya semakin sedikit. Dulusebelum Pasar Johar terbakar roti ganjel rel banyak dijual, namun sejak pasar tersebut kebakaran pada tahun 2015, roti ganjel rel makin sulit ditemui.

Saat menjelang Ramadhan ada tradisi Dug Deran roti ganjel rel adalah roti yang wajib ada. karena sebagai simbol agar tidak ada gangguan atau ganjalan filosofinya agar saat menjalankan ibadah puasa tidak ada ganjalan atau gangguan, sekaligus musim mudik, biasanya roti ganjel rel jadi salah satu oleh-oleh favorit. Berikut fakta unik seputar roti ganjel rel khas Semarang. (Oman.Bjg.C.3.1)