KPU Kendal Resmi Umumkan Tiga Pasangan Calon Pilkada Kendal 2020

Tiga pasang Balon Bupati dan Wakil Bupati setelah mengambil nomor urut di kantor KPU Kendal

BANKOMSEMARANGNEWS.COM , Kendal – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal telah menetapkan Dico M Ganinduto-Windu Suko Basuki, Ali Nurudin-Yekti Handayani, dan Tino Indra Wardono-Muh Mustamsikin sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan berkompetisi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kendal 2020.

Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria, menegaskan penetapan pasangan calon tersebut menandakan bahwa Pilkada akan diikuti 3 pasang calon.

“Kita telah menetapkan pasangan calon setelah melalui proses pendaftaran dan verifikasi administrasi serta faktual dukungan partai politik. Bahkan setelah tahapan perbaikan semuanya telah lengkap dan sah untuk mengikuti Pilkada,” kata Hevy dikutip dari AyoSemarang, Kamis (25/9/2020).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal membatasi jumlah pendukung yang ikut dalam pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Kendal Kamis (24/09/2020) siang. Hanya pasangan calon bupati dan wakil bupati dan satu orang tim kampanye yang masuk. Tidak hanya itu, pendukung dilarang mendekat ke kantor KPU dengan pengawalan ketat. Selama pelaksanaan pengundian nomor urut, protokol kesehatan juga dijalankan dengan ketat.

ADVERTISEMENT Di dalam ruangan hanya pasangan calon bupati dan wakil bupati serta seorang tim kampanye dan anggota KPU serta Bawaslu saja. Dengan menggunakan masker dan kaos tangan, pengundian nomor urut dilaksanakan berdasarkan urutan kedatangan. 

Pasangan Dico M Ganinduto-Windu Suko Basuki yang datang lebih awal mengambil urutan pengambilan nomor urut pertama, dilanjutkan pasangan Ali Nurudin-Yekti Handayani dan terakhir pasangan Tino Indra Wardono-Muh Mustamsikin. Pengambilan urutan mengambil nomor urut dilakukan calon wakil bupati. Untuk mengambil nomor urut peserta pilkada dilakukan calon bupati dengan kesempatan pertama pada pasangan Ali Nurudin-Yekti Handayani, dilanjutkan pasangan Tino Indra Wardono-Muh Mustamsikin dan terakhir pasangan Dico M Ganinduto-Windu Suko Basuki.

“Saat pengundian nomor urut dilarang membawa pendukung karena sudah KPU akan melakukan live streaming. Nanti petugas akan memberikan tanda pengenal untuk masuk dan keamanan akan tutup jalan agar tidak ada pendukung yang masuk,” imbuhnya.

Ditambahkan, pihaknya juga telah mengintruksikan agar tim masing-masing pasangan tidak perlu membawa massa ke kantor KPU Kendal.

“Masyarakat bisa ikuti langsung pengumumannya di akun media sosial KPU Kendal tanpa harus datang langsung ke kantor KPU. Rencana mulai pukul 10.00 WIB,” terangnya. (arh/Oman)

Sumber : Ayo Semarang